Jam Layanan SKPD

Senin - Kamis 08.00 - 15.00 WIB
Jumat 08.00 - 14.00 WIB

Webmail

Username

ex. abc@pasuruankab.go.id
Password

Artikel Kesehatan

Artikel Kesehatan Lainnya

Top Download

Program dan Kegiatan

1. Program Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, terdiri dari 3 Kegiatan yaitu :
a) Pengembangan media promosi dan informasi sadar hidup sehat
b) Pengembangan UKBM (Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat)
c) Pengembangan posyandu dan Desa Siaga

2. Program Upaya Kesehatan Masyarakat, terdiri dari 8 kegiatan yaitu :
a) Peningkatan kesehatan anak, remaja, dan usila.
b) Peningkatan mutu dan jangkauan pelayanan kesehatan dasar di Puskesmas beserta jaringannya.
c) Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan ibu, bayi, balita dan anak pra sekolah.
d) Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana.
e) Perluasan fungsi pelayanan Pondok Bersalin Desa (polindes), dari hanya melayani pasien bersalin menjadi Pondok   Kesehatan Desa.
f) Peningkatan Pelayanan Kesehatan khusus (Indra, jiwa, Olahraga, Batra, dan Kesehatan Kerja).
g) Peningkatan Mutu Pelayanan dan Jangkauan Kesehatan Penunjang (Laboratorium, Daerah, Radiomedik, Bengkel Alkes).
h) Peningkatan Kesehatan Penduduk Miskin, Daerah Terpencil dan Tertinggal di Puskesmas dan Jaringannya.

3. Program Upaya Kesehatan Perorangan, terdiri dari 2 kegiatan yaitu :
a) Peningkatan Kualitas Pelayanan di RS.
b) Peningkatan pelayanan kesehatan penunjang dan kegawatdaruratan di RSU dan RS Khusu.

4. Program Perbaikan Gizi Masyarakat, terdiri dari 3 kegiatan yaitu :
 a) Penanggulangan Kurang Energi Protein (KEP), Anemia Gizi Besi, Gangguan Akibat Kurang Yodium (GAKY), Kurang Vitamin A dan Kekurangan Zat Gizi Mikro lainnya.
 b) Pemberdayaan masyarakat untuk pencapaian Keluarga Sadar Gizi. 
 c) Penyelidikan surveillans untuk kewaspadaan pangan dan gizi.

5. Program Pengendalian Penyakit, terdiri dari 13 kegiatan yaitu :
 a) Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit serta Tata Laksana Penderita.
 b) Peningkatan Surveillance Epidemologi dan Pengamatan Penyakit serta Penggulangan KLB.
 c) Pengendalian Penyakit Kusta dan Frambusia. 
 d) Pengendalian Penyakit TBC (Tuberkulosis).
 e) Pengendalian HIV/AIDs
 f) Pengendalian Penyakit Malaria.
 g) Pengendalian Penyakit PES.
 h) Pencegahan BDB (Demam Berdarah).
 i) Penyelenggaraan dan pemberantasan penyakit menular dan wabah
 j) Peningkatan Imunisasi 
 k) Pemberantasan Penyakit Menular Langsung (P2ML).
 l) Pemberantasan Penyakit Bersumber Binatang (P2B2).
 m) Peningkatan pelayanan dan penanggulangan masalah bencana.

6. Program Pengembangan Lingkungan Sehat, terdiri dari 4 kegiatan yaitu :
 a) Pengembangan Sarana SAPL Melalui Parcipatory.
 b) Penyediaan sarana air bersih dan sanitasi dasar.
 c) Penyehatan Lingkungan.
 d) Peningkatan upaya pengamanan limbah cair dan padat.

7. Program Kefarmasiaan, Alat Kesehatan dan Pengamanan Makanan, terdiri dari 9 kegiatan yaitu :
 a) Upaya penyediaan obat dan perbekalan kesehatan.
 b) Peningkatan pemerataan obat dan perbekalan kesehatan.
 c) Peningkatan mutu Penggunaan obat. 
 d) Upaya Pengembangan Pemanfaatan Bahan Alam Indonesia dalam bentuk obat tradisional dan kosmetika.
 e) Peningkatan mutu dan keamanan makanan.
 f) Peningkatan dan Pengembangan Balai Materia Medika Batu.
 g) Pencegahan Penyalahgunaan Narkotik, Psikotropika Dan Zat Adiktif Lainnya (Napza).
 h) Peningkatan kualitas produk alat kesehatan.
 i) Pengadaan Bahan Kimia dan Laboratorium.

8. Program Sumber Daya Kesehatan, yang terdiri dari 4 kegiatan yaitu :
 a) Perencanaan kebutuhan tenaga kesehatan di puskesmas dan jaringannya serta Rumah Sakit.
 b) Penempatan, pengembangan dan pemenuhan tenaga kesehatan di tempat pelayanan (puskesmas, rumah sakit dan jaringannya).
 c) Peningkatan Profesionalisme dan Pengembangan karir tenaga kesehatan.
 d) Peningkaan Pembiayaan Kesehatan.

9. Program Kebijakan dan Manajemen Pembangunan Kesehatan yang terdiri dari kegiatan yaitu :
 a) Pengembangan dan fasilitasi Program Kesahatan.
 b) Pengembangan manajemen perencanaan dalam bidang kesehatan.
 c) Kerjasama program, lintas sektor dan antar daerah dalam bisang kesehatan.
 d) Peningkatan manajemen dan fungsi kelembagaan UPT.