INOVASI DINAS KESEHATAN TAHUN 2022 “POSTING”

Foto untuk : INOVASI DINAS KESEHATAN TAHUN 2022 “POSTING”

Posyandu Tematik Stunting (POSTING) adalah suatu Program Inovasi pengembangan dari Inovasi bapak Bupati yaitu Gerakan Kasih Bersanding Mesra (Gerakan Keluarga Bersih Bersama Sadari Stunting Menuju Masyarakat Sejahtera) yang dicetuskan berawal dari tingginya jumlah dan Prevalensi Stunting di Kabupaten Pasuruan. Inovasi ini merupakan kerjasama berbagai pihak mulai dari Kader Kesehatan, Tokoh Masyarakat, Aparat Desa, TP PKK dan Dunia Usaha dan Industri.

POSTING ini adalah Kegiatan Posyandu yang dilaksanakan serentak di seluruh Desa/Kelurahan, setiap bulan pada hari Rabu Minggu ke 3 bertempat di Posyandu Krajan (Balai Desa) dengan sasaran Balita Stunting yang didampingi orangtua/Pengasuh.

Inovasi ini berdampak signifikan terutama pada penurunan Stunting di Kabupaten Pasuruan yang cenderung menurun, dimana pada bulan Timbang Agustus 2021 Prevalensi Stunting sebesar 18,1 %, di Bulan Timbang Pebruari 2022 sebesar 13,4 %.

POSTING bertujuan untuk Percepatan penurunan dan pencegahan Stunting di Kabupaten Pasuruan dengan kegiatan : Melakukan penimbangan Berat Badan dan pengukuran Panjang badan pada Balita, Melakukan pemeriksaan SDIDTK (Stimulasi Deteksi Intervesi Dini Tumbuh Kembang) Melakukan Emo Demo ( Emotional Demonstration ), Pemberian PMT (Pemberian Makanan Tambahan). Untuk pemberian Makanan Tambahan berupa PMT Pemulihan, Dinkes bekerjasama dengan Dunia Usaha Dan Industri untuk memberikan CSR nya.

Dampak positif inovasi yaitu: menurunnya prevalensi Stunting di Kabupaten Pasuruan dan meningkatkan jumlah kunjungan Posyandu. Inovasi ini sudah direplikasi dan diterapkan di seluruh Desa maupun Kelurahan yang ada di Kabupaten Pasuruan.

Senin - Kamis : 07.30 - 15.30 WIB
Jumat : 07.30 - 15.00 WIB







443065

Pengunjung hari ini : 1
Total pengunjung : 173757
Hits hari ini : 592
Total Hits : 443065
Pengunjung Online : 1

Pemkab.Pasuruan
Dinkes Jatim Prov
Kementrian Kesehatan
Perijinan Bidang Kesehatan
Pengaduan Layanan WA
Info Promkes
Pengaduan Masyarakat
Donasi Reg 4 PMI