LOMBA KELOMPOK ASUHAN MANDIRI PEMANFAATAN TAMAN OBAT KELUARGA DAN AKUPRESUR TAHUN 2021

Foto untuk : LOMBA KELOMPOK ASUHAN MANDIRI PEMANFAATAN TAMAN OBAT KELUARGA DAN AKUPRESUR TAHUN 2021

Data Riset Kesehatan (RISKESDAS) Tahun 2018 menunjukkan bahwa proporsi  pemanfaatan Taman Obat Keluarga ( TOGA) di Indonesia sebesar 24,6 % , data tersebut menunjukkan bahwa masyarakat telah melestarikan, mengembangkan dan memanfaatkan  tanaman obat yang ada. Di Era Pandemi COVID-19 selain protokol kesehatan yang harus dilakukan, masyarakat pun berupaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya dengan memanfaatkan ramuan dan akupresur.

Asuhan Mandiri  merupakan upaya untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan  serta mencegah dan mengatasi gangguan kesehatan ringan secara mandiri oleh individu, kelompok dan masyarakat. Melakukan Asuhan Mandiri merupakan upaya mengubah paradigma pengobatan kuratif menjadi promotif dan preventif, yang bermanfaat untuk efisiensi dan efektivitas bagi keluarga dalam menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarganya dengan memanfaatkan TOGA dan ketrampilan, sehingga diperoleh keluarga sehat secara mandiri.

 

Penyerahan hadiah diikuti dengan Pembinaan Kelompok Asman TOGA dari Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur melalui UPT Herbal Materia Medika Batu Jawa Timur yaitu dr. Saiful Hidayat M. KKK yang menyampaikan Materi terkait Pemeliharaan dan Pemanfatatan Taman Obat Keluarga ( TOGA) agar dapat memberikan manfaat ekonomi dan kesehatan bagi keluarga dan anggota kelompok khususnya.  

Lomba Asman TOGA Kabupaten Pasuruan 2021 terselenggara dengan Kerjasama antara Tim Penggerak PKK Kabupaten dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan sebagai tindak lanjut sosialisasi Asman TOGA dengan Tim Penggerak PKK yang dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2021. Tim Penilai Lomba Asman TOGA terdiri dari perwakilan Dinas Pertanian, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Tim Penggerak PKK Pokja 3 dan 4. Lomba Asman TOGA Kabupaten 2021 diikuti oleh 23 Kecamatan dari total 24 Kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Sosialisasi Lomba dan Pengumpulan Profil Lomba dimulai dari bulan September hingga pertengahan bulan Oktober dan dilanjut Penilaian Profil di pertengahan Oktober sampai dengan bulan November 2021. Dari penilaian profil muncul 6 nominator yang akan dilanjut penilaian teknis lapangan oleh Tim Penilai dan diperoleh pemenang. Dari penilaian 6 Kelompok Asman TOGA terlihat antusias dan mendapatkan dukungan penuh dari Desa hingga Kecamatan.

Hal ini sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional, pada pasal 70 menyebutkan bahwa masyarakat dapat melakukan Perawatan Kesehatan Tradisional secara mandiri dan benar dengan pemanfaatan Taman Obat Keluarga ( TOGA) dan Akupresur. Oleh karena itu perlu dibentuk kelompok Asuhan Mandiri melalui Pemanfaatan TOGA dan Akupresur di masyarakat.

Dalam Permenkes Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pengembangan Kesehatan Tradisional Melalui Asuhan Mandiri Pemanfaatan TOGA dan Keterampilan menyatakan bahwa pelaksanaan Asuhan Mandiri di masyarakat perlu dilakukan pembinaan secara berjenjang dan berkesinambungan. Pembinaan Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional melalui pemanfaatan Taman Obat Keluarga dan keterampilan dilakukan bersama antar Lintas Program Kementerian dan Lintas Sektor Kementerian terkait sesuai peran, tugas dan fungsi masing- masing melalui penilaian Kelompok Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional, termasuk oleh Tim Penggerak PKK.

Pada 30 November 2021 di Hall Lantai 3 Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan  dilakukan penyerahan hadiah dan piala kepada Pemenang Lomba Kelompok Asuhan Mandiri Pemanfatan Taman Obat Keluarga ( TOGA) dan Akupresur Tahun 2021. Penyerahan diserahkan langsung oleh Dinas Kesehatan dalam hal ini diwakili olek Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Kepala Seksi Kesehatan Tradisional.

Pertemuan tersebut diikuti oleh perwakilan Kelompok Asman peserta lomba, fasilitator Asman TOGA serta kader Asman peserta lomba Asman TOGA Tahun 2021. Penyerahan diserahkan kepada 6 (enam) pemenang Lomba Asman Toga Tahun 2021. Juara pertama diraih oleh Kelompok Asman Permata wilayah binaan Puskesmas Purwosari, Juara kedua diraih Kelompok Asman Kenanga wilayah binaan Puskesmas Kedawung Wetan dan Juara ketiga diraih oleh Kelompok Asman Asoka wilayah binaan Puskesmas Winongan. Selanjutnya berturut-turut Pemenang Harapan I, II, III diraih oleh Kelompok Asman Merah Darah Jejaka wilayah binaan Puskesmas Gondangwetan, Kelompok Asman Mandiri Sejahtera wilayah binaan Puskesmas Bulukandang, dan Kelompok Asman Pandan Wangi wilayah binaan Puskesmas Rembang.

Senin - Kamis : 07.30 - 15.30 WIB
Jumat : 07.30 - 15.00 WIB







419279

Pengunjung hari ini : 9
Total pengunjung : 169367
Hits hari ini : 25
Total Hits : 419279
Pengunjung Online : 2

Pemkab.Pasuruan
Dinkes Jatim Prov
Kementrian Kesehatan
Perijinan Bidang Kesehatan
Pengaduan Layanan WA
Info Promkes
Pengaduan Masyarakat
Donasi Reg 4 PMI