PENCANANGAN BIAN, GEMARIKAN, DAN GERMISU DI KABUPATEN PASURUAN

Foto untuk : PENCANANGAN BIAN, GEMARIKAN, DAN GERMISU DI KABUPATEN PASURUAN

Ada banyak cara yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan untuk mewujudkan anak-anak di Kabupaten Pasuruan yang sehat, cerdas, dan kuat. Seperti halnya dengan Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN), dan Gerakan Minum Susu (GERMISU) yang dilaksanakan pada Selasa (23/08/2022) di Taman Candra Wilwatikta Kecamatan Pandaan.

Pencanangan ketiga program yang berkolerasi tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Pasuruan, didampingi oleh Wakil Bupati Pasuruan, jajaran Forkopimda Kabupaten Pasuruan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, seluruh Kepala OPD dan Camat di wilayah Kabupaten Pasuruan, serta TP PKK Kabupaten dan Kecamatan. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) saat ini dilaksanakan di Posyandu, Sekolah, dan Puskesmas seluruh wilayah Kabupaten Pasuruan. Vaksin yang diberikan adalah vaksin campak rubella yang menyasar usia 9 sampai 59 bulan, dan imunisasi kejar pada anak usia 12 sampai 59 bulan yang tidak lengkap imunisasi OPV, IPV, dan DPT-HB-Hib.

Bulan imunisasi anak nasional merupakan momen penting untuk bersama-sama mengejar ketertinggalan imunisasi pada anak-anak. Upaya ini tidak hanya akan melindungi anak-anak yang menjadi sasaran BIAN, namun juga seluruh masyarakat. Selama pandemi COVID-19, cakupan imunisasi dasar lengkap pada bayi turun drastis sehingga terjadi kesenjangan imunitas. Bila kesenjangan imunitas ini tidak segera dikejar maka akan terjadi peningkatan kasus Penyakit yang dapat dicegah dengan Imunisasi (PD3I) dan potensi terjadi kejadian luar biasa (KLB) yang akan menjadi beban ganda di tengah pandemi. Adapun Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan berkomitmen untuk mengejar target 90% cakupan imunisasi campak rubella, dan 80% cakupan imunisasi kejar.

Ayo sukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) untuk mewujudkan anak-anak Kabupaten Pasuruan yang sehat, cerdas, dan kuat menuju Pasuruan Maslahat.

Senin - Kamis : 07.00 - 15.00 WIB
Jumat : 07.00 - 14.30 WIB







383829

Pengunjung hari ini : 272
Total pengunjung : 155236
Hits hari ini : 621
Total Hits : 383829
Pengunjung Online : 2

Pemkab.Pasuruan
Dinkes Jatim Prov
Kementrian Kesehatan
Perijinan Bidang Kesehatan
Pengaduan Layanan WA
Info Promkes
Pengaduan Masyarakat
Donasi Reg 4 PMI