STANDAR PELAYANAN

Surat Rekomendasi Izin Pendirian Rumah Sakit / Surat Rekomendasi Izin Operasional Rumah Sakit

 

IV. 1

Pelayanan

Surat Rekomendasi Izin Pendirian Rumah Sakit / Surat Rekomendasi Izin Operasional Rumah Sakit

 

Persyaratan

         Form Izin Pendirian Rumah Sakit

         Form Izin Operasional Rumah Sakit

 

Prosedur

1.                   Pemohon mengajukan permohonan disertai kelengkapan persyaratan kepada Bupati Pasuruan melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu

2.                   Dilakukan proses penelitian dan verifikasi berkas permohonan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu

3.                   Jika berkas permohonan lengkap maka Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu mengirim surat Permohonan Rekomendasi Teknis Perizinan Bidang Kesehatan ke Dinas Kesehatan;

4.                   Jika berkas permohonan tidak lengkap, dikembalikan ke pemohon untuk dilengkapi;

5.                   Dilakukan Visitasi sesuai jadwal dan ketentuan yang berlaku;

6.                   Tim Visitasi yang terdiri dari Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, Tim Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan Tim PERSI Daerah Jawa Timur visitasi ke lokasi tempat sarana yang mengajukan permohonan sesuai ketentuan yang berlaku;

7.                   Dibuatkan Berita Acara Hasil Pemeriksaan oleh Tim diketahui oleh pemohon;

8.                   Pemohon tidak memenuhi persyaratan lebih dari 2

(dua) bulan maka harus mengajukan permohonan


 

 

 

 

baru;

9.                   Pemohon memenuhi persyaratan yang tertuang dalam berita acara

10.             Dinas Kesehatan menerbitkan surat rekomendasi yang ditujukan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu.

 

Waktu

Surat Rekomendasi diterbitkan dalam waktu 3 (tiga) hari setelah pemenuhan persyaratan

 

Biaya / Tarif

Gratis

 

Produk Pelayanan

Surat Rekomendasi Izin Pendirian Rumah Sakit / Surat Rekomendasi Izin Operasional Rumah Sakit

 

Pelayanan Informasi dan pengaduan

  Memperoleh informasi peraturan dan Cara Ijin Penyelenggaraan Sarana Kesehatan yang berlaku di Dinas Kesehatan Kab. Pasuruan

  Mendapat informasi layanan sesuai standar pelayanan

  Pengaduan/Saran pelayanan melalui kotak saran/pengaduan Dinas Kesehatan Jl. Raya Raci KM.15 Bangil Pasuruan.

 

Dasar Hukum

1.       Undang-Undang No.36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.

2.       Undang-Undang No.36 Tahun 2015 Tentang Tenaga Kesehatan.

3.       Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 920/Menkes/Per/XII/1986 tentang Upaya Pelayanan Kesehatan Swasta di Bidang Medik;

4.       Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit

5.       Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit;

6.       Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan Nomor 12 Tahun 2012 tetang Perizinan Bidang Kesehatan;


 

 

 

 

7.               Peraturan Bupati Pasuruan Nomor 29 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Perizinan Bidang Kesehatan Kabupaten Pasuruan;

8.               Peraturan Bupati Pasuruan Nomor 63 Tahun 2020 tentang Pendelegasian Wewenang Penyelenggaraan Pelayanan Perijinan Dan Non Perijinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Pasuruan.

 

Sarana Prasarana & Fasilitas

Meja : 2 Buah

Kursi : 2 Unit

Komputer/Laptop : 1 Buah

Printer : 1 Buah

 

Kompetensi Pelaksana

Staff Pelaksana Pelayanan Kesehatan Rujukan

 

Jumlah Pelaksana

2 Orang

 

Pengawasan Internal

Tim BINWASDAL Kabupaten Pasuruan

 

Jaminan Pelayanan

Kami bersedia diberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku

 

Jaminan Keamanan & Keselamatan Pelayanan

Registrasi dokumen yang diterbitkan.

 

Evaluasi Kinerja Pelaksana

-                     Evaluasi pelayanan setiap 6 ( Enam ) Bulan Sekali Melalui Rapat Staff.

-                     Survey Indek Kepuasan Masyarakat (IKM)