STANDAR PELAYANAN

Surat Rekomendasi Izin Laik Sehat Hygiene Sanitasi TPM Dan TTU

 

 

IV. 10

Pelayanan

Surat Rekomendasi Izin Laik Sehat Hygiene Sanitasi TPM Dan TTU

 

Persyaratan

         Form Izin Laik Sehat Rumah Makan / Restoran

         Form Izin Laik Jasa Boga

         Form Izin Laik Sehat Depot Air Minum

         Form Izin Laik Sehat Hotel

         Form Izin Laik Sehat Kolam Renang

 

Prosedur

1.                    Pemohon mengajukan permohonan disertai kelengkapan persyaratan kepada Bupati Pasuruan melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu

2.                    Dilakukan proses penelitian dan verifikasi berkas permohonan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu

3.                    Jika berkas permohonan lengkap maka Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu mengirim surat Permohonan Rekomendasi Teknis Perizinan Bidang Kesehatan ke Dinas Kesehatan;

4.                    Jika berkas permohonan tidak lengkap, dikembalikan ke pemohon untuk dilengkapi;

5.                    Dilakukan Visitasi sesuai jadwal dan ketentuan yang berlaku;

6.                    Tim Visitasi dari Dinas Kesehatan visitasi ke lokasi tempat sarana yang mengajukan permohonan

7.                    Melakukan pengukuran kualitas lingkungan (khusus hotel)

8.                    Dibuatkan Berita Acara Hasil Pemeriksaan oleh Tim diketahui oleh pemohon;

 


 

 

 

 

9.         Pemohon tidak memenuhi persyaratan lebih dari 14 (empat belas) hari kerja maka harus mengajukan permohonan baru;

10.      Pemohon memenuhi persyaratan yang tertuang dalam berita acara

11.      Dinas Kesehatan menerbitkan surat rekomendasi yang ditujukan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu.

 

Waktu

Surat Rekomendasi diterbitkan dalam waktu 3 (tiga) hari setelah pemenuhan persyaratan

 

Biaya / Tarif

Gratis

 

Produk Pelayanan

Ijin Laik Sehat Tempat Pengelolaan Makanan dan Tempat Tempat Umum

 

Pelayanan Informasi dan pengaduan

  Memperoleh informasi peraturan danCara Ijin Penyelenggaraan Sarana Kesehatan yang berlaku di Dinas Kesehatan Kab. Pasuruan

  Mendapat informasi layanan sesuai standar pelayanan

  Pengaduan/Saran pelayanan melalui kotak saran/pengaduan Dinas Kesehatan Jl. Raya Raci KM.15 Bangil - Pasuruan

 

Dasar Hukum

1.      UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

2.      UU No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan.

3.      PP No. 28 Tahun 2004 tentang Keamanan Mutu dan Gizi Pangan

4.      Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (OSS)

5.      Permenkes No. 180 / 1985 tentang Makanan Kedaluwarsa


 

 

 

 

6.                     Permenkes RI No. 80 Tahun 1990 Tentang Persyaratan Kesehatan Hotel

7.                     Permenkes RI No.061 Tahun 1991 Tentang Persyaratan Kesehatan Kolam Renang Dan Pemandian Umum

8.                        Permenkes No. 033 TAHUN 2012 tentang Bahan Tambahan Pangan

9.                        Permenkes RI. No. 2 tahun 2013 tentang Kejadian Luar Biasa Keracunan Pangan

10.                  Permenkes RI No.43 Tahun 2014 Tentang Hygiene Sanitasi Depot Air Minum

11.                  Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Kesehatan

12.                  Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia no 1098/Menkes/SK/VII/2003 Tentang Pesyaratan Higiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran

13.                  Kepmenkes No. 1096/2011 tentang Persyaratan Higiene Sanitasi Jasa boga

14.               Kepmenkes No. 942/2003 tentang Pedoman Persyaratan Higiene Sanitasi Makanan Jajanan

15.               Kepmenkes No. 1098/2003 tentang Persyaratan Higiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran

16.               Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perizinan Bidang Kesehatan

17.               Peraturan Daerah Pasuruan Nomor 26 Tahun 2012 Tentang Sertifikasi Tempat Pengelolaan Makanan,TTU Dan Pengawasan Kwalitas Air

18.               Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Kesehatan Lingkungan


 

 

 

 

19.               Peraturan Bupati Pasuruan Nomor 58 Tahun 2016 tentang Kedudukan Susunan Organisasi Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Pasuruan

20.               Peraturan Bupati Pasuruan Nomor 63 Tahun 2020 tentang Pendelegasian Wewenang Penyelenggaraan Pelayanan Perijinan Dan Non Perijinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Pasuruan

21.               Peraturan Bupati Pasuruan Nomor 70 Tahun 2020 Tentang Penyehatan Kualitas Media Lingkungan.

 

Sarana Prasarana & Fasilitas

Meja : 1 Buah

Kursi : 1 Buah

Komputer/Laptop : 1 Buah

Printer : 1 Buah

 

Kompetensi Pelaksana

Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Kes. Olahraga

 

Jumlah Pelaksana

5 Orang

 

Pengawasan Internal

Inspeksi Sanitasi TPM & TTU

 

Jaminan Pelayanan

Kami bersedia diberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku

 

Jaminan Keamanan & Keselamatan Pelayanan

Registrasi dukumen yang diterbitkan.

 

Evaluasi Kinerja Pelaksana

-                     Evaluasi pelayanan setiap 6 ( enam ) bulan Sekali Melalui Rapat Staff.

-                     Survey Indek Kepuasan Masyarakat (IKM)