STANDAR PELAYANAN

Surat Rekomendasi STPT/SIPAT/SIPTKT dan Panti Sehat/ Griya Sehat

 

 

IV. 6

Pelayanan

Surat Rekomendasi STPT/SIPAT/SIPTKT dan Panti Sehat/ Griya Sehat

 

Persyaratan

  Form Rekomendasi STPT

  Form Rekomendasi SIPAT

  Form Rekomendasi SIPTKT

  Form Rekomendasi Panti Sehat

  Form Rekomendasi Griya Sehat

 

Prosedur

1.                   Pemohon mengajukan permohonan disertai kelengkapan persyaratan kepada Bupati Pasuruan melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu

2.                   Dilakukan proses penelitian dan verifikasi berkas permohonan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu

3.                   Jika berkas permohonan lengkap maka Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu mengirim surat Permohonan Rekomendasi Teknis Perizinan Bidang Kesehatan ke Dinas Kesehatan;

4.                   Jika berkas permohonan tidak lengkap, dikembalikan ke pemohon untuk dilengkapi;

5.                   Dilakukan Visitasi sesuai jadwal dan ketentuan yang berlaku;

6.                   Tim Visitasi dari Dinas Kesehatan visitasi ke lokasi tempat sarana yang mengajukan permohonan

7.                   Dibuatkan Berita Acara Hasil Pemeriksaan oleh Tim diketahui oleh pemohon;

8.                   Pemohon tidak memenuhi persyaratan lebih dari 2 (dua) bulan maka harus mengajukan permohonan baru;

 

 

 

9.                   Pemohon memenuhi persyaratan yang tertuang dalam berita acara

10.             Dinas Kesehatan menerbitkan surat rekomendasi yang ditujukan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu.

 

Waktu

Surat Rekomendasi diterbitkan dalam waktu 3 (tiga) hari setelah pemenuhan persyaratan

 

Biaya / Tarif

Gratis

 

Produk Pelayanan

  Surat Rekomendasi Penerbitan Surat Terdaftar Penyehat Tradisional (STPT)

  Surat Rekomendasi Penerbitan Surat Izin Praktik Akupunktur Terapis (SIPAT)

  Surat Rekomendasi Penerbitan Surat Izin Praktik Tenaga Kesehatan Tradisional (SIPTKT )

  Surat Rekomendasi izin

  Penyelenggaraan Panti Sehat

  Surat Rekomendasi Izin Penyelenggaraan Griya Sehat

 

Pelayanan Informasi dan pengaduan

  Memperoleh informasi peraturan dan Cara Ijin Penyelenggaraan Sarana Kesehatan yang berlaku di Dinas Kesehatan Kab. Pasuruan

  Mendapat informasi layanan sesuai standar pelayanan

  Pengaduan/Saran pelayanan melalui kotak saran/pengaduan Dinas Kesehatan Jl. Raya Raci KM.15 Bangil Pasuruan.


 

 

 

Dasar Hukum

1.      Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan

2.      Peraturan Pemerintah Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional

3.      Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Nasional

4.      Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2014 tentang Pelayanan Kesehatan Spa

5.      Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2016 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional Empiris

6.      Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional Komplementer

7.      Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2018 tentang ijin dan penyelenggaraan praktik tenaga kesehatan tradisional jamu

8.      Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2018 tentang ijin dan penyelenggaraan praktik Akupunktur Terapis

9.      Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pelayanan Terpadu Satu Pintu

10.   Peraturan Bupati Pasuruan Nomor 63 Tahun 2020 tentang Pendelegasian Wewenang Penyelenggaraan Pelayanan Perijinan Dan Non Perijinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Pasuruan.

 


 

 

 

Sarana Prasarana & Fasilitas

Meja : 3 Buah

Kursi : 3 Unit

Komputer/Laptop : 1 Buah Printer : 1 Buah

 

Kompetensi Pelaksana

Staff pelaksana perijinan Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Tradisional

 

Jumlah Pelaksana

2 Orang

 

Pengawasan Internal

Tim BINWASDAL Kabupaten Pasuruan

 

Jaminan Pelayanan

Kami bersedia diberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku

 

Jaminan Keamanan & Keselamatan Pelayanan

Registrasi dokumen yang diterbitkan.

 

Evaluasi Kinerja Pelaksana

-                     Evaluasi pelayanan setiap 6 ( Enam ) Bulan Sekali Melalui Rapat Staff.

-                     Survey Indek Kepuasan Masyarakat (IKM)