Kabupaten Pasuruan Siap Memerangi Difteri

Foto untuk : Kabupaten Pasuruan Siap Memerangi Difteri

Sejak tanggal 10 Oktober 2011, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur telah menetapkan situasi Kejadian Luar Biasa (KLB) Difteri untuk wilayah Jawa Timur. Saat itu situasi kasus Difteri di Jawa Timur 323 kasus dengan 8 kematian yang terjadi di 34 Kabupaten/Kota.

Untuk menanggulangi KLB Difteri di Kabupaten Pasuruan akan diberikan perlindungan kepada kelompok usia yang rentan terhadap penyakit Difteri (2 bulan s/d 15 tahun), dengan pemberian imunisasi tambahan secara serentak di wilayah semua Kecamatan. Agar tujuan Sub PIN Difteri tercapai untuk menanggulangi KLB Difteri dan menurunkan jumlah kasus Difteri, maka diharapkan pencapaian Sub PIN di seluruh desa/kelurahan minimal 95%.

Kegiatan Sub PIN Difteri di Kabupaten Pasuruan akan dilaksanakan serempak pada tanggal 14-24 Nopember 2012 dengan melibatkan tenaga kesehatan di Puskesmas dengan dibantu oleh lintas sektor yang ada di tingkat Kecamatan dan desa, diantaranya TNI/POLRI, tokoh masyarakat, tokoh agama, dll.

Adapun rangkaian awal dari kegiatan sub Pin Difteri yang dilaksanakan di Kabupaten Pasuruan salah satu diantaranya adalah pertemuan sosialisasi bagi lintas sektor dan lintas program dan petunjuk teknis Operasional yang dilaksanakan tanggal 1 Nopember 2012 di Ruang Gedung Serba Guna Pemkab Pasuruan Jl. Hayam Wuruk No.14 Pasuruan.

Maksud dan tujuan kegiatan pertemuan sosialisasi bagi lintas sektor dan lintas program dan petunjuk teknis Operasional secara umum adalah tertanggulanginya KLB Difteri di Jawa Timur dan Kabupaten Pasuruan pada khususnya terutama pada bayi dan akan sampai usia 15 tahun. Dan secara khusus adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan peserta sosialisasi serta meningkatkan peran serta tokoh masyarakat dan masyarakat dalam upaya pelaksanaan kegiatan SubPin Difteri di Kabupaten Pasuruan.

Pertemuan tersebut dibuka oleh Asisten II yaitu Bapak Ir. Riyanto, adapun peserta pertemuan sosialisasi bagi lintas sektor dan lintas program yang dilaksanakan hari ini dihadiri oleh sebanyak kurang lebih 120 orang terdiri dari : Camat dan Tim Penggerak PKK tingkat Kabupaten dan Kecamatan se-Kabupaten Pasuruan, utusan TNI/POLRI, tokoh agama dan tokoh masyarakat, SKPD terkait , organisasi profesi ,LSM, Media elektronik dan cetak serta undangan lain.

Penyampaian materi pertemuan sosialisasi bagi lintas sektor dan lintas program adalah dari dokter spesialis Penyakit dalam dari RSUD Bangil (dr.Budi Santoso,Sp.PD) yang membahas mengenai diagnosis dan tata laksana penyakit Difteri, serta materi mengenai terjadinya KLB Difteri di Kabupaten Pasuruan dari Dinas Kesehatan.

Diharapkan dari hasil pertemuan kegiatan SUB PIN Difteri bagi lintas sektor dan lintas program di wilayah Kabupaten Pasuruan tersebut dapat menjadi momen awal yang baik bagi pelaksanaan program sub PIN Difteri yang akan dilaksanakan tanggal 12-24 Nopember 2012 secara serentak Di Jawa Timur dan khususnya di Kabupaten Pasuruan. Karena peran serta dari masyarakat dan seluruh potensi komponen yang ada di masyarakat sangat diperlukan demi terciptanya generasi masa depan yang sehat serta mencipta kesehatan masyarakat yang optimal.

 

Senin - Kamis : 07.00 - 15.00 WIB
Jumat : 07.00 - 14.30 WIB







005823

Pengunjung hari ini : 26
Total pengunjung : 1259
Hits hari ini : 86
Total Hits : 5823
Pengunjung Online : 2
Kementrian Kesehatan
Dinkes Jatim Prov
Pemkab.Pasuruan