PROGRAM KADER ASUH 2014

Foto untuk : PROGRAM KADER ASUH 2014

Program Kader Asuh dimulai dilaksanakan di wilayah Puskesmas Ngempit sejak tahun 2009 dan dari evaluasi yang dilakukan ternyata Program Kader Asuh terbukti mampu member kan daya ungkit terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat di wilayah Puskesmas Ngempit, sehingga sejak tahun 2013 Program Kader Asuh Puskesmas Ngempit direplikasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan untuk dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Pasuruan.

Kader asuh adalah kader kesehatan yang kegiatannya lebih focus pada pendampingan dan pemantauan terhadap sasaran kesehatan yang ditentukan dalam satu wilayah posyandu. Kader Asuh lebih mengoptimalkan peran kader di luar posyandu melalui pola surveilans KIA dan kondisi kesehatan masyarakat secara umum, yang terfokus pada keluarga binaannya. Kader tersebut memiliki tanggungjawab terhadap permasalahan kesehatan yang ada di wilayah keluarga binaannya, terutama masalah Kesehatan Ibu dan Anak.

Tujuan Program Kader Asuh adalah mengoptimalkan peran serta kader kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, yang lebih spesifik lagi untuk menurunkan AKI dan AKB, meningkatkan cakupan pemeriksaan ibu hamil, meningkatkan cakupan deteksi dini ibu hamil resiko tinggi, meningkatkan monitoring terhadap kesehatan ibu hamil, meningkatkan persalinan ibu hamil ketenaga kesehatan, meningkatkan cakup anpartisipasi masyarakat di Posyandu, meningkatkan cakupan deteksi dinitumbuh kembang anak, meningkatkan cakupan sanitasi dasar, dan meningkatkan cakupan gizi. Adapunsasarannya adalah Ibu hamil, Ibun ifas, Ibu menyususi, Ibu balita, Bayi, Balita, PasanganUsiaSubur (PUS) danKeluarga.

Langkah-langkah kegiatan Program Kader Asuh, yaitu sebagai berikut :

1.        RapatKoordinasi Tingkat Kabupaten

Bertujuan untuk menyebarluarkan informasi program kader asuh dan mencari dukungan dari lintas sector dan lintas program baik di tingkat kabupaten maupun kecamatan.

Rakor dilaksanakan pada tanggal 3 September 2013 di Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab Pasuruan. Adapun unsur yang diundang antara lain Bapemas, Camat, Kepala UPTD Kesehatan Puskesmas, BidanKoordinator, TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan, PC Fatayat Kab. Pasuruan, PC Muslimat Kab. Pasuruan dan PC Aisyiyah Kabupaten Pasuruan.

2.        Sosialisasi Program Kader Asuh bagi Bidan Desa

Bertujuan untuk menyebarluarkan informasi program kader asuh kepada Bidan Desa, yang desanya menjadi lokasi kegiatan Program Kader Asuh. Pesertase banyak 33 Bidan Desa tersebar di 33 Puskesmas se Kabupaten Pasuruan.

Sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2013 di Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan.

 

3.        Pelatihan Kader Asuh

Bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kader dalam program kader asuh. Peserta pelatihan adalah seluruh kader Posyandu balita yang ada di desa dilaksanakannya Program Kader Asuhsebanyak 825 orang (tahun 2013) danakan direncanakan sebanyak 1000 orang (tahun 2014).

Senin - Kamis : 07.00 - 15.00 WIB
Jumat : 07.00 - 14.30 WIB







048478

Pengunjung hari ini : 40
Total pengunjung : 17305
Hits hari ini : 83
Total Hits : 48478
Pengunjung Online : 1
Kementrian Kesehatan
Dinkes Jatim Prov
Pemkab.Pasuruan